Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis

-- --
Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis
Bagaimana Cara Menanam JagungManis.Cara  menanam jagung manis itu mudah dan sangat bisa dilakukan oleh semua orang. Andapun juga bisa menanam jagung manis tersebut. Dan bertanam jagung dapat di gunakan sebagai kegiatan  tambahan untuk membantu pendapatan keluarga. Nah yang perlu dipahami sebagai awalan cara menanam jagung manis ini adalah ketekunan, keseriusan, serta fokus dan mempunyai tekad yang sungguh-sungguh pasti akan memperoleh hasil yang sangat maksimal. Untak mengetahui bagaimna cara menanam jagung manis, baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman jagung manis ini.

"Cara Menanam Jagung"

Jagung manis berkisar umur 60 hari hingga 150 hari
Tinggi Jagung manis antara 1 meter hingga 3 meter itupun tergantung dari varietas bibit
Mengalami dua siklus pertumbuhan yaitu vegetatif pada pertama fase, dan generatif saat pase berikutnya.
Jagung manis termasuk berakar serabut.
Batang Jagung manis tegak dan beruas.
Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis.Menanam jagung manis bisa dilakukan dalam iklim yang luas. Karena tanaman jagung manis ini memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Iklim di Indonesia jagung manis ini mudah di tanam dari dataran rendah sampai pegunungan hingga ketinggian 1.800 meter dpl bahkan di belahan duniapun bisa tumbuh pada 3.000 meter dpl, suhu optimum untuk pertumbuhanya dalah 21-27C, saat tahap  percambahan benih jagung manis 23-27C. Dan secara teori Jgung manis ini bisa tumbuh di atas tanah dengan tingkat keasama 5-8 pH. Menanam jagung manis tidak akan maksimal jika kebutuhan haranya tidak terpenuhi, tanaman ini memerlukan nitrogen (N) dalam jumlah yang cukup besar, akan tetapi pemberian pupuk harus di perhatikan keseimbanganya dengan nitrogen, kalium (K) dan juga pospat (P).

"Cara Menanam Jagung"
Cara Pemupukan
Bagaimana Cara Menanam JagungManis. Pilihlah benih Jagung yang berkwalitas Jagung manis ini bisa di tanam pada bekas sawah, tapi usahakan agar kondisi lahan  sawah tersebut tidak tergenang air. Pemupukan pun untuk dasar menanam jagung manis dapat menggunakan pupuk organik campuran kotoran sapi, kambing, ayam dengan komposisi 1:1, pupuk kotoran ayam memberikan kadar N yang banyak dan dapat cepat terurai, Sedang untuk kotoran sapi, atau kambing banyak kaya akan K dan P. Untuk kebutuhan pupuk organik adalah 5 ton dalam i hektar.

Cara Penanaman
Untuk Penanaman jagung manis sangat efektik dengan cara ditugal. Buatlah lubang 2 hingga 3cm dan masukan 2 butir saja benih jagung untuk sat lubang, setelah itu tutup menggunakan tanah juga kompos, siram dengan air agar terjaga kelembapanya. Untuk kebutuhan benih budidaya jagung manis adalah 8 kg per hektar. Jarak tanam pada penanaman adalah 60-75 cm. Jarak tanam ini mengikuti jumlah ideal tanam. Dan akan mendapat hasil yang baik dengan menjaga populasi tanam sebanyak 34.000-37.000 per hektar tanaman.

Tahap Panen
Jagung Manis akan berbunga umur 50 hari. seminggu  sebelum panen utama, lakukan panen jagung muda. Pada saat itu ada dua tongkol dan petiklah tongkol jagung yang dibawah. Pemanenan tongkol jagung manis muda dimaksudkan agar nutrisi pada tongkol yang utama terpenuhi, hingga akan mendapatkan hasil yang maksimal, selain itu juga anda dapat melakukan pemaprasan daunya yang paling bawah hingga -3helai. Dan jika tumbuh kembali tunas muda sebelum panen, petiklah sebagai panen extra tambahan. Dan Panen utama pada jagung manis bisa dilakukan setelah tanaman jagung berumur 65 hingga 75 hari.

Demikian artikel BagaimanaCara Menanam Jagung Manis Ini,semoga bermanfaat bagi anda semuanya, Baca Juga Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Jagung Manis